Agen Asuransi

Agen Asuransi Pengertian Tugas Dan Syarat Menjadi Agen

 

Agen Asuransi – Seperti yang disebutkan sebelumnya, agen asuransi ialah seorang yang menghubungkan Perusahaan asuransi dengan pemegang polis. Agen asuransi juga bisa dimaksud sebagai perpanjangan tangan Perusahaan asuransi yang bertugas untuk menjual produk Perusahaan tersebut.

Menurut UU Nomor. 40 Tahun 2014, agen asuransi adalah orang yang bekerja sendiri ataupun bekerja pada suatu badan usaha yang berperan atas nama sesuatu Perusahaan asuransi maupun asuransi syariah.

Agen asuransi harus memenuhi persyaratan untuk menggantikan Perusahaan asuransi dalam memasarkan produk asuransi yang dimiliki Perusahaan asuransi. Diambil dari buku Hukum Dagang karya Dr. Alexander Thian, M. Si, arti lain dari agen asuransi adalah seorang ataupun badan hukum yang kegiatannya memberikan pelayanan dalam memasarkan asuransi untuk dan atas nama penanggung. Dalam dunia bidang usaha, agen asuransi ialah saluran distribusi dari suatu Perusahaan dalam bentuk personal selling ataupun penjualan perseorangan yang menjalin interaksi langsung dengan konsumen.

Fungsi agen asuransi adalah menarik calon pemegang polis dan menjaga pemegang polis yang sudah menggunakan asuransi. Fungsi menarik calon pemegang polis itu ialah bagian dari operasional produksi, sedangkan fungsi melindungi pemegang polis ialah bagian dari operasional konservasi.

Tujuan dari jabatan agen asuransi adalah menutup penjualan asuransi jiwa agar memperoleh pemegang polis baru hingga masa kontrak dari asuransinya selesai. Ini buat mengoptimakan penerimaan permi organisasi melalui pertumbuhan portofolio pemegang polis.

 

Tugas Agen Asuransi

Berdasarkan uraian mengenai pengertian agen asuransi di atas, bisa disimpulkan bahwa tugas dari agen asuransi adalah memperoleh pemegang polis yang baru dan menjaga pemegang polis yang sudah ada. Seseorang agen asurasi juga bekerja untuk membantu pengecekan saldo asuransi yang dimiliki oleh seseorang konsumen asurani atau pemegang polis.

Mengambil dari buku Mindset Kaya Agen Asuransi: Jurus Anti Gagal Agen Asuransi karya Sugeng Widodo, berikut merupakan tugas yang diharapkan dari seorang agen asuransi.

1. Mendapatkan Produksi Baru

Agen asuransi bertugas untuk merencanakan dan melakukan kunjungan pada prospek untuk membuat hubungan kepercayaan, menggali kebutuhan dan keinginan, pengajuan produk, dan menutup penjualan asuransi.

2. Merawat Persistensi Polis

Merencanakan dan melaksanakan kunjungan untuk membuat hubungan yang baik pada pemegang polis untuk memantau perkembangan, termasuk penutupan penjualan baru.

 

Gaji Agen Asuransi

Tiap tahun, premi asuransi di Indonesia terus mengalami kemajuan dan perkembangan hingga mencapai nilai 30%. Hal ini membuktikan kalau banyak dari masyarakat Indonesia yang berminat dalam menggunakan asuransi.

Fenomena ini melaporkan kalau prospek kerja sebagai agen asuransi ialah salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Apalagi tiap tahun, banyak orang yang ingin memakai asuransi.

Agen asuransi ialah pekerjaan yang berbeda dengan pekerjaan yang mempunyai pendapatan yang tetap. Sama halnya dengan wiraswasta, besaran pendapatan agen asuransi ditentukan dari besaran komisi atau hasil penjualan yang diperoleh.

Hal ini membuat agen asuransi berpotensi memperoleh keuntungan yang besar dibandingkan pekerjaan yang memiliki pendapatan tetap.

Penghasilan agen asuransi tergantung pada berapa jumlah polis yang ia berhasil jual per bulannya. Komisi agen asuransi juga disesuaikan dengan pendapatan premi tahunan. Besaran komisi pun tergantung pada Perusahaan, tapi umumnya besar komisi agen asuransi sekitar 5- 30 persen.

Mengambil dari buku Inilah 10 Jurusan Kuliah yang Bikin Lulusannya Kaya Raya yang ditulis oleh Ajeng Windi, pendapatan agen asuransi per bulannya minimun Rp 5 juta hingga tak terbatas. Ini tergantung pada jumlah premi yang didapat ataupun dicapai dalam satu periode khusus.

 

Syarat Agen Asuransi

Syarat buat jadi agen asuransi tidaklah susah. Tidak hanya harus mempunyai kualifikasi ataupun kemampuan spesial, ada ketentuan ataupun hukum yang diberlakukan oleh pemerintah dalam mengatur pekerjaan agen asuransi. Dalam peraturan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan No 69/ POJK. 05/ 2016, berikut syarat- syarat yang perlu dipenuhi apabila mau jadi seseorang agen asuransi.

  1. – Memiliki sertifikat keagenan sesuai dengan bidang usahanya.
  2. – Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.
  3. – Terdaftar dalam asosiasi yang sesuai dengan aspek usahanya, misalnya AAUI atau AAJI.
  4. – Patuh terhadap kode etik agen asuransi yang telah didetetapkan oleh asosiasi asuransi maupun Perusahaan asuransi tempat seorang agen bertugas.

 

Itulah uraian sederhana dari kami mengenai Agen Asuransi Pengertian Tugas Dan Syarat Menjadi Agen,semoga bisa menambah wawasan buat kalian dan bermanfaat yaa. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *