Memasang Kabel LAN

Cara Memasang Kabel LAN dan Urutan Warna Kabelnya

 

Cara Memasang Kabel LANKabel LAN atau yang biasa sebut dengan kabel UTP adalah kabel yang biasa digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer/perangkat menjadi sebuah rangkaian jaringan komputer dalam area yang terbatas contohnya seperti rumah, kantor, laboratorium, perkantoran dan sekolah. Kabel LAN juga di gunakan buat menghubungkan komputer,router,switch,access point dan lainnya dalam LAN kabel yang sering di gunakan adalah kabel UTP (Unshielded Twisted Pair ) dengan konektor RJ 45. Kabel UTP tidak memiliki pelindung seperti STP, namun keduanya terdiri dari 4 pasang kabel kecil berwarna di dalamnya dan terpilin.

Kabel UTP standar biasanya didalamnya terdapat kabel kecil dengan beberapa warna. Fungsi masing-masing kabel sesuai warnanya adalah :

  1. -Orange : buat transmisi data
  2. -Orange-putih : transmisi data
  3. -Hijau: transmisi data
  4. -Hijau-putih: transmisi data
  5. -Biru: transmisi suara digital
  6. -Biru-putih:transmisi suara digital
  7. -Coklat:Penghantar power supply
  8. -Coklat-Putih:Penghantar power suppy

Hal yang pertama sebelum memasang kabel LAN adalah dengan mengetahui urutan dan cara pasangnya, ada dua jenis urutan kabel LAN yaitu tipe Straight dan tipe Cross. Sebelum kalian memulai memasang kabel LAN ada baiknya siapkan beberapa peralatan berikut ini:

  1. – Kabel UTPyang dipakai adalah kabel UTP categori 5 (UTP Cat 5). Karena kabel UTP Cat-5 support transfer data hingga 100 Mbps. Kabel ini terdiri atas 8 kecil yang mempunyai warna berbeda-beda. Warna kabel tersebut adalah Orange, Orange Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Hijau Putih, Coklat, dan Coklat Putih.
  2. – Kedua adalah Jack RJ-45. Jack ini mirip dengan jack telepon rumah. Cuma ukurannya yang lebih besar. Jack RJ-45 terdiri dari 8 pin, sesuai dengan jumlah kabel UTP.
  3. -Tang Crimping. Hardware yang satu ini mirip dengan tang. Namun, fungsinya tidak seperti tang pada umumnya. Crimping tool ini berguna untuk menjepitkan kabel pada Jack

Cara Pasang Kabel LAN

Cara pasang kabe LAN mudah Kok, bukan dengan mengupas satu persatu kabel kecil berwarna tersebut, tetapi kita cukup potong kabel UTP dengan tang krimping dan berikutnya ikuti cara di bawah :

  1. -Kupas selubung kabel yang menyatukan beberapa kabel kecil berwarna dengan tang krimping , otomatis selubung kabel akan ikut terkelupas dan jarak kupasan dengan ujung kabel juga terukur,
  2. -Susun kabel sesuai urutan yang akan kita gunaka apakah: Kabel straight Atau Jenis Kabel cross over.
  3. -Pastikkan urutan jenis kabel straight Atau Jenis Kabel cross over kalian sudah benar.
  4. -Masukkan ke konektor RJ-45, Pastikan sudah pas kabel masuk pada jalur yang ada fi konektor tersebut.
  5. -Masukkan kepala konektor RJ-45 ke dalam tang crimping.
  6. -Tekan tuas tang crimping hingga benar-benar tertekan jalur tembaga yang ada di konektor RJ-45 tersebut, hingga bunyi KLIK.
  7. -Lepas kepala konektor dari tang crimping.
  8. -Lakukan hal yang sama untuk ujung kabel lainnya, setelah semua selesai sebelum dipakai bisa juga dilakukan pengetesan hasil crimping kita dengan alat tester kabel LAN sehingga kalau ada kesalahan bisa kita ketahui lebih awal, daripada nanti kebingungan ketika susunan kabel salah atau hasil crimping tidak bagus akan mengakibatkan jaringan LAN tidak berfungsi.

 

Nah itulah beberapa uraian yang sederhana dari kami mengenai Cara Memasang Kabel LAN dan Urutan Warna Kabelnya, setiap pemasangan kabel harus di sesuikan fungsinya dan sesuai dengan jenis urutan kabel ya, apakah itu jenis kabel straight ataupun cross over. Mudah-mudahan bermanfaaat dan sampai jumpa d artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *