Mengganti IP Address

Cara Mengganti IP Address di Windows Dengan Mudah

 

Mengganti IP Address – IP Address adalah serangkaian angka yang menjadi identitas perangkat yang terhubung ke internet atau infrastruktur jaringan lainnya. Fungsinya seperti nomor rumah pada alamat, yaitu untuk memastikan agar data dikirimkan ke perangkat yang tepat. Panjang rangkaian angkanya adalah dari 0.0.0.0 sampai 255.255.255.255. Selain perangkat komputer, alamat IP juga bisa du jadikan sebagai identitas pada sejumlah perangkat lain seperti: ponsel pintar,tablet,tv,router,printer dan lainnya.

Dalam beberapa kondisi tertentu mengganti IP address adalah hal yang di perlukan terutama buat privasi diri sendiri atau bahan praktek, mengganti IP address sama halnya dengan mencegah seseorang yang ingin mengetahui identitas kalian atau mengetahui keberadaan kalian. Ada dua jenis ip address yaitu : IP PRIVATE yang sering di manfaatkan buat berkomunikasi antara perangkat satu dengan yang lainnya dalam jaringan yang sama, Dan IP PUBLIC yang di gunakan sebagai penghubung perangkat dengan jaringan internet yang lebih luas.
Berikut kami akan uraiakan beberapa cara mengganti IP address yang ada di windows kalian.

Cara mengganti IP Address di windows

Ada beberapa cara yang bisa kalian coba buat mennganti ip address yaitu dengan melalui setting,control panel, dan command prompt. Catatan : Melalui artikel ini, saya menggunakan Windows 10 sebagai media gambar dan penjelasan. Jika Anda masih menggunakan Windows 7 atau 8 sebagai sistem operasi andalan, Anda bisa melakukan sedikit penyesuaian terhadap tata letak menunya.

1. Cara mengganti IP address melalui menu setting

  • – Klik ikon start menu dan akses menu setting-pilih network&internet
  • -Di tab status klik menu Poperties pada jaringan wifi yang terhubung lalu cari dan klik menu “edit” dan “Ip setting”
  • -Pop up “edit IP setting akan tampil lalu ubah opsi AUTOMATIC (DHC) menjadi “Manual” dan geser “toggle IPv4 buat mengaktifkannya
  • -Berikutnya akan muncul kolom yang akan kalian isi namun sebelumnya perhatikan dulu informasi di bawah ini:
    *IP address – Ketik alamat IP Statis yang ingin Anda gunakan. Biasanya alamat ini berupa rangkaian angka seperti “192.168.1.X”. Ubahlah huruf “X” menjadi angka yang Anda inginkan (1 – 100). Pastikan juga Anda tidak menggunakan alamat IP yang sama dengan perangkat lain.
    *Subnet prefix length – Biasanya untuk bagian ini ditetapkan sebagai “255.255.255.0”.
    *Gateway – Isikan dengan alamat IP Router Anda. Dalam kasus ini, kami menggunakan “192.168.1.1”.

Dan khusus bagian preferred DNS lalu Alternate DNS kalian bisa tidak mengisinya karena pengaturan itu sudah di tetapkan oleh router secara otomatis.

  • -Jika semua kolom sudah terisi dengan benar maka kalian bisa klik SAVE buat menyimpan perubahan itu.
  • -Terakhir sebagai tambahan apabila kalian mengunakan alamat IP statis pada pengaturan di atas maka pastikan semua angka yang kalian masukkan sudah benar, karena jika tidak demikian maka komputer kaliian akan kehilangan konektivitas internet, maka ketika hal tersebut terjadi silahkan ubah IP address kalian menjadi Automatic (DHCP).

2. Melalui Control Panel

  • -Masuk ke control panel dangan cara tekan windows+R. dan ketik control panel
  • -Klik NETWORK and Internet lalu pilih menu network and sharing center dan klik jaringan internet yang kalian gunakan di bagian “Connections”
  • -Pada dialog “wifi status” klik menu “Properties” dan cari lalu klik ” internet protocol version 4 ” (TCP/IPv4) Pilih properties.
  • -Pada bagian ini aktifkan USE THE FOLLOWING IP ADDRESS dan USE THE FOLLOWING DNS SERVER ADDRESS Dan kurang lebih Anda bisa masukkan IP address dan DNS server seperti metode sebelumnya.
  1. IP address – 192.168.1.10
  2. Subnet mask – 255.255.255.0
  3. Default gateway – 192.168.1.1
  4. Preferred DNS server – 8.8.8.8
  5. Alternate DNS server – 8.8.4.4
  • -Jika setiap kolom telah terisi dengan benar, silakan klik Ok untuk menerapkan perubahannya.

 

Demikian beberapa rangkaian dan uraian mengenai Cara Mengganti IP Address di Windows Dengan Mudah, semoga mudah di pahami dan di praktekkan yaaa. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *