Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 125 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 125 Kurikulum Merdeka

 

Kunci Jawaban-Halo sobat pendidikan khususnya buat adik-adik kelas 7 SMP/MTS, kali ini kami akan membahas mengenai Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 125 Kurikulum Merdeka yang akan membantu memudahkan kalian. Pembahasan Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 125 Kurikulum Merdeka ini merujuk pada kurikulum merdeka belajar, soal essai bab 2 dengan tema “keberagaman lingkungan sekitar”.

Berikut ulasan lengkapnya buat kalian :

 

KUNCI JAWABAN IPS KELAS 7 HALAMAN 125 KURIKULUM MERDEKA

 

B. ESAI

Jawab soal-soal uraian di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

 

1. Bumi diciptakan dalam proses yang cukup lama hingga stabil dan mengalami proses penyempurnaan dengan berbagai fenomena alam di setiap pembagian zamannya dalam pembentukan bumi. Bagaimana ciri-ciri dari zaman Hidup Baru/Neozoikum?

Jawaban:

Manusia pada masa Neozoikum mulai bercocok tanam dengan membuka lahan baru. Kemudian mulai ada pola-pola perkampungan dan sudah hidup menetap secara berkelompok dengan beberapa keluarga. Penggunaan
bahasa untuk menciptakan komunikasi mulai berkembang. Kedudukan pemimpin ditunjukkan kepada orang paling tua yang berwibawa. Alat-alat yang digunakan sudah diasah, seperti beliung persegi, kapak lonjong, kapak batu, mata panah dan mata tombak. Manusia pada zaman ini meninggalkan benda-benda seperti menhir, dolmen, sarkofagus, kubur berundak, peti kubur batu, palung, lesung batu, dan patung-patung batu.

2. Perkembangan manusia zaman Praaksara mengalami perkembangan dari masa ke masa di mana mereka dapat beradaptasi dengan kondisi alam yang selalu berubah. Bagaimana interaksi manusia Praaksara dengan alam dan sesama manusia pada masa bercocok tanam?

Jawaban:

Pada zaman Neozoikum atau masa bercocok tanam komunikasi di antara mereka sudah maju. Penggunaan bahasa sudah menciptakan komunikasi yang berkembang menjadi bahasa yang berkembang hingga saat ini. Mereka mulai tinggal menetap dan hidup dengan pola perkampungan di daerah dataran tinggi atau dekat sumber air.

3. Suatu bangsa berinteraksi dengan bangsa lainnya yang menghasilkan kebudayaan baru dari interaksi tersebut. Jelaskan faktor pendukung dari kebudayaan baru yang dihasilkan dari interaksi dari kedua bangsa?

Jawaban:

Faktor pendukung adanya kebudayaan baru yang dihasilkan dari interaksi adalah masyarakat yang terbuka untuk menerima suatu hal baru di luar kebudayaannya. Jika masyarakat menutup diri dari budaya luar maka tidak akan timbul kebudayaan baru. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan adanya kebudayaan baru adalah modernisasi, yang terjadi melalui proses interaksi dan globalisasi.

4. Salah satu teori asal muasal leluhur bangsa Indonesia menyebutkan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Taiwan yang disebut Out of Taiwan. Bagaimana tahapan migrasi leluhur Indonesia berdasarkan teori Out of Taiwan?

Jawaban:

– Tahap I, 5.000 tahun sebelum Masehi yaitu migrasi para petani dari Tiongkok Selatan mencapai Taiwan. Pada masa ini bahasa Austronesia baru muncul beberapa abad kemudian (sekitar 4.000 SM).
– Tahap II migrasi dari Taiwan ke daerah Filipina (2.500 SM). Setelah menetap selama berabad-abad, populasi bangsa Austronesia yang berada di Taiwan kemudian bermigrasi ke selatan menuju Filipina.
– Tahap III migrasi dari Filipina ke arah selatan dan tenggara (menjelang 2.000 SM). Bangsa Austronesia kemudian bermigrasi kembali ke arah Kalimantan dan Sulawesi serta ke tenggara menuju Maluku Utara. Setelah proses ini kemudian mereka pecah untuk melakukan migrasi ke arah barat dan timur.
– Tahap ke IV migrasi dari Maluku Utara ke selatan dan timur (2.000 SM). Mereka kemudian bermigrasi kembali menuju ke arah timur mencapai daerah Nusa Tenggara dan Papua Barat. Sementara bangsa Austronesia yang melakukan migrasi ke barat menuju ke Jawa dan Sumatra.
– Tahap ke V Migrasi dari Papua Utara ke barat dan timur (2.000-1.500 SM). Bangsa Austronesia yang tinggal di pantai utara daerah Papua Barat bermigrasi dengan arus balik ke arah barat menuju Halmahera Selatan, Kepulauan Raja Ampat, dan pantai sebelah barat Papua. Sementara bangsa Austronesia yang berada di Jawa dan Sumatra menyebar kembali ke utara ke arah Vietnam dan
Semenanjung Malaya. Bahkan pada awal tahun Masehi mereka juga menyebar dari Kalimantan ke Madagaskar.

5. Sirip hiu mempunyai dampak ekonomi yang tinggi bagi nelayan karena dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi, tetapi perburuan hiu dapat menurunkan populasinya yang berdampak kepada kepunahan. Bagaimana tanggapan kalian mengenai hal tersebut dalam konsep pembangunan yang berkelanjutan? Jawab sesuai pendapatmu

Catatan Penting:

1. Konten ini dibuat sebagai referensi orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, sebaiknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hasil akhir.

2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

 

Demikian uraian lengkap mengenai Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 125 Kurikulum Merdeka, semoga mudah di pahami dan bisa membantu kalian. Terima Kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *