Sistem Operasi

Sistem Operasi Tujuan dan Jenis-Jenis Sistem Operasi

 

Sistem Operasi – Sistem operasi komputer adalah program perangkat lunak atau software yang diperlukan untuk mengelola dan mengoperasikan perangkat komputasi seperti komputer, smartphone, atau tablet. Sistem operasi berguna untuk menghubungkan perangkat lunak (software) dengan perangkat keras (hardware).

Semua komputer umumnya menggunakan sistem operasi namun perlu kalian tahu juga bahwa satu komputer bisa di isi lebih dari sati sistem operasi lho, ketika kalian ingin menambahkan satu sistem operasi lagi kalian tidak perlu menghapsu sistem operasi yang sudah ada. Hal ini agar kamu bisa beralih ke sistem operasi sebelumnya jika kamu tidak cocok dengan sistem operasi yang baru kamu coba.

Tujuan Dari Sistem Operasi

 

1. Keamanan, Sistem operasi sebagai keamanan menggunakan perlindungan kata sandi buat melindungi data pengguna dan teknik serupa lainnya, sistem operasi juga bisa mencegah akses yang tidak sah ke program penting dan data dari pengguna.

2. Kontrol Kinerja Sistem, berikutnya sisitem operasi sebagai pemantau kesehatan sistem secara keseluruhan buat membantu meningkatkan kinerja,mencatat waktu antara permintaan layanan dan respon sistem untuk memilik pandangan lengkap tentang kesehatan sistem.

3. Akuntansi Pekerjaan, Tujuan dari sistem operasi yang selanjutnya adalah melacak waktu dan sumber daya yang di gunakan oleh berbagai aplikasi tugas dan juga pengguna, informasi tersebut bisa digunakan untuk melacak penggunaan sumber daya untuk pengguna atau kelompok pengguna tertentu.

4. Alat Pendeteksi Kesalahan, tujuan selanjutnya adalah buat mendeteksi jika terjadi kesalahan, sistem operasi secara konstan memonitor sistem buat mendeteksi kesalahan dan menghindari kegagalan fungsi dari sistem komputer.

5. Manajemen Memori, berikutnya adalah untuk memanajemen memori komputer. Sistem operasi mengelola Memori Utama. Memori utama terdiri dari array besar byte atau kata-kata di mana setiap byte atau kata diberikan alamat tertentu. Memori utama merupakan penyimpanan yang cepat dan bisa diakses langsung oleh CPU. Untuk sebuah program yang akan dieksekusi, sebelumnya harus terlebih dahulu dimuat di memori utama.

Jenis-Jenis Sistem Operasi yang Paling Populer

 

1. Windows

Windows adalah sistem operasi yang paling populer saat ini dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia, hal ini karena user interfacenya mampu membuat pengguna nyaman dan selain itu komputer dengan sistem operasi windows cenderung lebih terjangkau. Windows saat ini telah merilis versi terbarunya yaitu: windows 11 dengan kelebihan dan segala fitur yang di tawarkan windows 11 juga bisa menjadi sistem operasi yang modern dan nyaman di gunakan saat ini.

Sistem operasi windows banyak di minati pengguna karena aplikasi yang di sediakan sudah lengkap, mulai dari aplikasi editing text, photo, video, bahkan sampai ke game yang berat sekaligus. Kelebihan lain dari sistem operasi windows adalah penggunaan yang sangat mudah dan dipenuhi dengan visual grafis.

2. Sistem Operasi MacOS

Selanjutnya ada sistem operasi macOS adalah sistem operasi yang menjalankan setiap Mac, kalian dapat melakukan banyak hal di Mac yang tidak dapat kalian lakukan di komputer lain. Karena Mac dirancang khusus untuk perangkat keras yang menggunakannya — dan sebaliknya. macOS dilengkapi dengan keseluruhan rangkaian aplikasi yang didesain dengan indah.

Dari sisi pengguna macOS adalah sistem operasi yang di desain dengan tampilan user interface yang elegan, sehingga harga perangkatnya juga lebih tinggi. Penggunaan UNIX menjadikan MacOS memiliki tingkat kestabilan di atas sistem operasi lainnya, Eksklusifitas yang luar biasa menjadikan MAC OS lebih terjamin kualitas dan support untuk kedepannya, Jauh lebih aman daripada OS lain dari gangguan pembajakan, spyware, virus maupun gangguan lainnya.

Tetapi sistem MacOS Tidak bisa digunakan pada perangkat lain selain keluaran Apple,Harganya tergolong cukup mahal,Tidak bisa digunakan bersamaan dengan sistem operasi yang lainnya. Berbeda dengan Windows yang mampu menjalankan Linux meski dalam program virtual box.

3. Sistem Operasi LINUX

Sistem operasi yang terakhir dan populer adalah LINUX, linux sendiri merupakan sistem operasi yang bersifat open source dimana pengguna bisa dengan bebas memodifikasi dan juga mengembangkan sistem operasi ini. Fungsi linux sendiri adalah sebagai wadah untuk menjembatani komunikasi atau perintah pengguna pada hubungan software dan hardware dalam sebuah perangkat.

Banyak yang masih mengira bahwa linux ini adalah sistem operasi yang cukup sulit di gunakan, padahal kenyataan tidak. Saat ini linux sudah menyediakan berbagai macam software di dalamnya seperti: GLIMP,DARKTABLE,INKSCAPE,BLENDER,WP OFFICE LIBRE OFFICE dan lain sebagainya.

Linux sendiri sering digunakan sebagai sistem operasi suatu server. Selain itu juga, para programmer juga banyak yang menggunakan sistem operasi linux ini karena emang buat pemrograman linux ini sangat sesuai. Jika kalian ingin mencobanya, silahkan download langsung di website resminya dan install laangsung di komputer kalian.

 

Nah itulah beberapa saran dan uraian dari kami mengenai Sistem Operasi Tujuan dan Jenis-Jenis Sistem Operasi, semoga bisa menambah referensi ilmua kalian dalam dunia teknlogi apalagi yang berbasi internet ini. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *