Bandwidth

Ukuran Bandwidth yang Sesuai Buat Kebutuhan Website

 

Ukuran BandwidthApakah kalian masih asing dengan kata bandwidth? Nah bandwidth sendiri adalah jumlah nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam hitungan bit per detik atau bit per second (bps), antara server dan client dalam rentang waktu tertentu. Fungsi dari Bandwidth sendiri terdiri dari beberapa yaitu sebagai media pengiriman data, indikator pembagi kecepatan data, dan digunakan untuk mengatur besar data yang diperbolehkan untuk diproses. Salah satu penerapan dari batasan ini adalah pada layanan VPS.

Jika kalian berencana untuk membuat website dan memilih layanan sebuah hosting maka kalian perlu memastikan berapa jumlah bandwidth yang akan kalian perlukan. Ya memang kalo website masih baru tidak mudah buat menentukan berpa jumlah bandwidth yang di butuhkan. Tentu kalian perlu memikirkan apa saja yang akan kalian upload ke website baru kalian dan berapa besar size nya.

Kali ini kami akan membahas semua hal yang wajib kalian tahu tentang bandwidth hosting simak di bawah ini yaa:

Cara menghitung bandwidth yang di perlukan

Tentunya sebelum kalian memilih paket hosting buat website kalian maka kalian perlu memastikan berapa banyak bandwidth yang di perlukan. Untuk website bisnis, seperti e-commerce misalnya, bandwidth adalah salah satu masalah utama yang sering membuat bingung. Ketika webiste kalian hanya sebuah blog atau website portofolio maka kalian mungkin saja tidak memerlukan banyak bandwidth.

Sementara itu, jika kalian memiliki website e-commerce, kalian akan memerlukan bandwidth yang lebih besar karena banyaknya aktivitas di website kalian. Jika kalian membuat website maka cara yang paling efektif yang bisa kalian lakukkan adalah memperhatikan website kalian setelah website Live, dengan begitu kalian bisa mengira-ngira penggunaan bandwidth perbulan berapa dan bisa di sesuaikan dengan akun kalian.

Baiklah selanjutnya jika kalian sudah memiliki data-data website kalian, maka kalian bisa menggunakan rumus bandwidth di bawah buat mengira-mengira berapa banyak bandwidth yang kalian perlukan:

” Jumlah pengunjung website setiap harinya X pageview setiap harinya X rata-rata ukuran halaman website X 31 X angka toleransi “

Jika website Anda menyediakan konten yang bisa di-download, maka cara menghitung bandwidth-nya bisa sedikit berbeda ya.

” (Jumlah pengunjung website setiap harinya x pageviews setiap harinya x rata-rata ukuran halaman website) + (Jumlah file download setiap harinya x rata-rata ukuran file) x 31 x angka toleransi ” .

Ketika kalian bingung dengan angka 31 di formula di atas, itu adalah jumlah hari dalam satu bulan. Kebanyakan perusahaan hosting menghitung bandwidth secara bulanan maka perlu kalian mengalinya dengan angka 31. Cek terus nomer yang kalian masukkan, jika kalian memasukan angka lebih kecil atau besar maka perikiraan bandwidth akan lebih kecil ataupun besar. Dan perlu kalian ingat bahwa perusahaan hsoting menawarkan bandwidth dengan satuan GB maka buat kalian jangan lupa konversi hasil hitungannya dari GB ke satuan KB.

Faktor Yang Mempengaruhi Ukuran Bandwidth

Nah sebagian besar website sebenarnya tidak menggunakan banyak bandwidth, jika kalian tidak mnghosting file media besar atau melalukan banyak streaming, maka kalian bisa bertahan dengan bandwidth kurang dari 10 GB / bulan. Contoh sebuah blog sederhana dan populer dengan 1.000 perhari dengan ukuran halaman 100 kb dan 2 tampilan halaman per pengunjung rata-rata hanya akan membutuhkan sekitar 8 . 5 GB bandwidth/bulan.

Maka tentu saja angka ini hanyalah perkiraan dan ini hanya berlaku di sini dan saat ini,karena kalian tidak mau mengubah paket setiap kali data kalian berubah, maka kalian perlu merencanakan masa depan dan memberi ruang untuk pertumbuhan. Sebelum menggunakan rumus menghitung bandwidth di atas, ketahui beberapa faktor dapat memengaruhi bandwidth yang digunakan situs kalian berikut ini :

  1. -Perubahan layout, jika kalian mengubah layout website, kalian bisa meninggalkan ukuran halaman kalian dan menggunakan lebih banyak bandwidth.
  2. -Pertunbuhan traffic, Tentunya kalian ingin website kalian banyak di kunjungi kan?. maka pertumbuhan traffic juga menjadi faktor perkiraan saat kalian akan membeli bandwidth
  3. -Peningkatan traffic, Peningkatan traffic yang tidak terduga, seperti yang disebabkan oleh situs berita, dapat menyebabkan penggunaan bandwidth menjadi dua kali lipat, atau bahkan tiga kali lipat, dalam satu bulan.

 

Penutup

 

Nah demikian uraian dari kami mengenai Ukuran Bandwidth yang Sesuai Buat Kebutuhan Website, penting loh buat kalian memperkirakan berapa bandwidth yang akan kalian perlukan buat layanan hosting. Karena dengan memikirkan berapa bandwidth yang di perlukan kalian tidak akan kekurangan maupun sampai kelebihan bandwidth. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *